Inilah Hewan Terbesar di Dunia

Inilah Hewan Terbesar di Dunia – Jauh lebih besar dari dinosaurus jenis apa pun, paus biru adalah hewan terbesar yang pernah ada.

Paus biru dewasa dapat mencapai panjang 30 m dan berat lebih dari 180.000 kg – besarnya hampir sama dengan 40 ekor gajah, 30 ekor Tyrannosaurus Rex, atau 2.700 manusia berukuran rata-rata.

Siapa nyana raksasa di antara para raksasa ini bermula dari sesuatu yang jauh lebih kecil. Seperti semua paus, paus biru (Balaenoptera musculus) berevolusi dari mamalia berkaki empat yang hidup di daratan sekitar 48 juta tahun yang lalu.

Leluhur kuno ini, Pakicetus, hanya memiliki panjang 1,8m. Ia hidup di sungai dan beberapa keturunannya beradaptasi untuk hidup di air yang akhirnya melahirkan makhluk akuatik sepenuhnya yang disebut Dorudon (“Gigi Tombak”), yang hidup 37 juta tahun lalu dengan panjang 4,5m.

Di Dorudon, kita melihat awal yang membuat ikan paus begitu istimewa. Lubang hidungnya mundur dari moncongnya ke bagian atas kepalanya, kaki depannya menjadi sirip yang kaku, tubuhnya memanjang, kaki belakangnya menghilang dan ekornya berevolusi menjadi dua ‘sauh’ elastis, yang mendorong hewan itu maju lewat gerakan naik turun di air, bukan gerakan sisi-ke-sisi ekor ikan.

Evolusi dari Dorudon ke paus biru melibatkan sejumlah perubahan untuk mengatasi ukurannya yang sangat besar. Berikut ini sembilan perubahan yang perlu Anda ketahui:

  • Tarik napas dalam!

Paus biru dapat menyelam hingga satu jam dalam sekali penyelaman, melesat ke kedalaman 100m, jadi mereka membutuhkan paru-paru yang sangat efisien untuk bertahan hidup. Dua lubang sembur besar, cukup besar bagi anak kecil merangkak masuk ke dalam, memungkinkan pertukaran oksigen yang cepat dan efisien. Paus biru mengganti antara 80 dan 90 persen oksigen di paru-paru mereka setiap kali mereka bernapas, dibandingkan dengan hanya 10 atau 15 persen pada manusia.

  • Bisakah Anda mendengar detakjantungku?

Oksigen dipompa di sekitar tubuhnya yang luar biasa besar oleh jantung empat bilik, yang sama besarnya. Berat jantung sekitar 900kg – seukuran sebuah mobil Mini – jantung paus biru berdetak setiap 10 detik, memompa 220 liter darah ke seluruh tubuhnya, dan berdenyut begitu keras sehingga dapat didengar dari jarak 3 km melalui peralatan sonar.

  • Kulit tebal

Kulit paus biru itu unik, sama seperti sidik jari. Warna abu-abu kebiruan yang pucat memberikan nama biru di paus biru, meskipun kulitnya juga bisa terlihat abu-abu keperakan atau cokelat, tergantung pada cahaya. Paus biru memiliki antara 80 dan 100 alur panjang yang menjalar di sepanjang tenggorokan dan dadanya.

  • Tidak ada waktu (atau kemampuan) untuk menangis

Paus biru memiliki mata yang relatif kecil untuk ukuran tubuh mereka – masing-masing seukuran buah anggur – dan penglihatan mereka dianggap lemah. Mereka tidak memiliki kelenjar air mata atau bulu mata.

  • Suara Anda keluar

Meskipun tidak memiliki telinga eksternal, paus biru diyakini memiliki pendengaran yang sangat baik, menggunakan sinus udara dan tulang untuk mendeteksi suara. Mereka berkomunikasi menggunakan peluit frekuensi rendah atau suara gemuruh yang dapat menempuh ratusan kilometer dan mencapai 188 desibel – lebih keras daripada jet penumpang.

  • Mulut besar

Mulut raksasa mereka – cukup besar untuk menampung 100 orang – dapat menangkap sejumlah besar mangsa dengan setiap tegukan air, menyaring krill yang bergizi dari air yang dikeluarkan dengan bulu kaku yang tumbuh dari langit-langit mulut. Selama musim panas, mereka memakan hingga 6.000 kg krill sehari.

  • Membangkitkan hawa

Paus biru mencapai kematangan seksual antara usia lima hingga 10 tahun. Mereka mencari perairan khatulistiwa yang hangat sebelum memulai ritual kawin yang rumit yang melibatkan jantan dan betina berguling di atas satu sama lain, menyelam dalam kedalaman lautan, lalu tiba-tiba berenang ke permukaan untuk bersanggama. Paus jantan memiliki penis terbesar di kerajaan hewan, sekitar 30cm diameter dan panjang 3m ssat ereksi.

  • Bayi yang haus

Paus biru adalah mamalia plasental dengan janin berkembang di rahim ibu. Janin yang berkembang tumbuh dengan cepat dan setelah tujuh bulan, panjangnya sekitar 3,5m.

Anak paus lahir dengan ekor terlebih dahulu setelah 12 bulan dan berat sekitar 2.700 kg, berenang langsung ke permukaan untuk udara. Bayi menyusu pada dua puting induknya, yang mengasup 180 liter susu yang kaya lemak setiap hari, memungkinkannya untuk tumbuh sebesar 90kg setiap hari. Penyapihan terjadi sekitar tujuh atau sembilan bulan, ketika panjang bayi paus mencapai sekitar 15m.

  • Jumlah populasi

Diperkirakan tadinya ada lebih dari 250.000 ekor paus biru. Sekarang diperkirakan hanya antara 10.000 dan 25.000 yang tersisa di dunia. Setelah beberapa dekade diburu untuk daging, minyak, dan bagian tubuh berharga lainnya, mereka sekarang diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah dalam Daftar Merah IUCN.

Toppoker789 Merupakan Situs Agen Judi Poker Online yang menyediakan permainan terlengkap seperti Poker88, Domino QQ online, Bandar Ceme dan Capsa Susun yang terpercaya di indonesia.